Jumat, 13 Januari 2017

ANALISIS MATERI IPA KELAS II SD

ANALISIS MATERI IPA KELAS II SD

MAKALAH

Dosen: Abdur Rosyid, M.Pd
Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Kapita Selekta Pendidikan IPA SD
 




Oleh:
Haris Muhidin             13.22.1.0135
Liya Yuliyanti             13.22.1.0297
Puji Nurani                 13.22.1.0310
Sinta Rosdiana            13.22.1.0217
Yati Prihatiningsih       13.22.1.0075
Zaenal Arifin               13.22.1.0076

Kelompok 2
Kelas IPA 1


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
UNIVERSITAS MAJALENGKA

2016




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur seraya penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu’wata’ala, yang atas karunia dan nikmat-Nyalah, penulisan makalah Analisis Materi IPA Kelas II SD ini terselesaikan.
Penulisan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Kapita Selekta Pendidikan IPA SD. Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan-kesalahan. Hal ini semata-mata karena keterbatasan kemampuan kami sendiri. Oleh karena itu, sangatlah kami harapkan saran dan kritik dari semua pihak, khususnya pembaca. Harapan penulis, semoga penulisan makalah ini bermanfaat khususnya bagi kami sendiri, umumnya bagi para pembaca.







  Majalengka, Desember 2016


                                                                                                      Penyusun








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.......................................................................................... i
DAFTAR ISI........................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang...................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah................................................................................. 1
C.     Tujuan Penulisan................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A.     Makhluk Hidup dan Kehidupan ........................................................... 3
B.     Bentuk Wujud serta Kegunaan Benda .................................................. 7
C.     Sumber Energi dan Kegunaannya ......................................................... 9
D.     Peristiwa Alam dalam Kehidupan ........................................................ 12
BAB IIIPENUTUP
A.     Kesimpulan............................................................................................ 14
B.     Saran...................................................................................................... 14
DAFTAR PUSTAKA




BAB 1
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Dalam proses pembelajaran, bahan ajar berkedudukan sebagai modal awal yang akan digunakan atau diproses untuk mencapai hasil. Hasil tersebut berupa pemahaman dan kemampuan siswa. Pentingnya bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran dapat dianalogikan seperti pentingnya bahan-bahan untuk memasak. Jika tidak ada bahan yang digunakan dalam memasak, maka tidak akan ada masakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika terdapat bahan makanan untuk dimasak maka akan dihasilkan suatu makanan walaupun itu sangat sederhana. Dengan melihat analogi tersebut kita dapat memahami bahwa bahan memiliki kedudukan yang penting terhadap suatu proses. Demikian pula halnya dengan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Bahan ajar merupakan komponen yang harus ada di dalam proses pembelajaran. 
Melihat bahan ajar itu sangat penting maka kami menyusun beberapa materi IPA yang ada di kelas II SD. Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini ialah untuk memeparkan materi-materi IPA yang ada di kelas II SD.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka ada beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud makhluk hidup dan proses kehidupan?
2.      Apa saja bentuk dan wujud serta kegunaan benda?
3.      Apa saja sumber energi dan kegunaannya?
4.      Apa saja peristiwa alam dalam kehidupan?

C.     Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah yang akan di bahas, tujuan yang ingin dicapai dari makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengenal makhluk hidup dan proses kehidupan.
2.      Untuk mengetahui bentuk dan wujud serta kegunaan benda.
3.      Untuk mengetahui sumber energi dan kegunaannya.
4.      Untuk mengetahui peristiwa alam dalam kehidupan.




BAB II
PEMBAHASAN

A.       Makhluk Hidup dan Kehidupan
Standar Kompetensi:
1.    Mengenal bagianbagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar:
1.1     Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
a.    Materi: Hewan dan Tumbuhan di Sekitar Kita
1)      Bagian Utama Tubuh Hewan dan Tumbuhan
a)      Bagian Utama Hewan
                                                        i.            Bangsa serangga
Kupu-kupu termasuk golongan serangga contoh golongan serangga ada semut belalang kecoa dan lebah jenis serangga mempunyai enam kaki.
                                                       ii.            Ikan
Ikan binatang di air berjalan dengan sirip dan ekor sirip untuk berjalan ekor untuk berbelok ikan ada yang bersisik tapi ada yang tidak bersisik ikan gurami bersisik ikan lele tidak bersisik.
                                                     iii.            Bangsa Ular
Ular berbentuk memanjang, ular tidak mempunyai kaki, ular bergerak dengan perut, ular termasuk binatang bahaya, karena, kalau menggigit beracun, racun keluar melalui taring.
                                                     iv.            Bangsa Burung
Setiap burung mempunyai kaki sayap paruh, kaki berguna untuk berjalan, sayap berguna untuk terbang, paruh berguna untuk mematuk, burung mempunyai ekor, ekor berguna untuk membantu terbang.
b)      Menggambar Hewan dan Memberi Nama pada Hewan
                                                         i.            Menggambar kucing
                                                       ii.            Menggambar burung
                                                      iii.            Menggambar ikan
c)      Meniru Suara Hewan
                                                         i.            Sapi
                                                       ii.            Kucing
                                                      iii.            Itik
                                                     iv.            Kambing
                                                       v.            Angsa
                                                     vi.            Ayam jantan
                                                    vii.            Katak
2)      Bagian Bagian Utama Tumbuhan
Akar adalah bagian utama tumbuhan. Akar terletak paling bawah.          Akar di dalam tanah, akar berfungsi menyerap air. Akar dari dalam tanah.
            Di atas akar ada batang, ada batang yang tidak bercabang ,       misalnya jagung pepaya pisang kelapa, ada batang yang bercabang,             misalnya pohon mangga jambu jeruk rambutan.
            Tumbuhan memiliki daun, pada umumnya daun tumbuhan          berwarna hijau , daun, berguna untuk memasak makanan, bentuk       daun bermacam macam , ada yang menyirip dan yang menjari.
b.    Masalah : Masalah yang dihadapi guru pada saat menerangkan materi ini pada anak kelas 2 SD yaitu kesulitan membimbing siswa untuk berfikir abstrak, karena siswa masih dalam berfikir konkrit.
c.    Solusi : Guru harus memberikan fasilitas berupa membawa hewan atau tumbuhan (jika itu memungkinkan) atau bisa juga dengan menggunakan gambar agar siswa dapat melihat dengan jelas bagian-bagian dari hewan dan tumbuhan.

Kompetensi Dasar:
1.2     Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
a.      Materi: Pertumbuhan Hewan dan Tanaman
1)      Pertumbuhan pada Hewan
a)      Pertumbuhan Ayam
Telur ayam menetas menjadi anak ayam, anak ayam    berbulu lembut, anak ayam, sangat lucu, setelah beberapa minggu, anak ayam berubah, bulu bulu halus hilang, berganti bulu besar, tubuhnya juga semakin besar, betina   mempunyai ekor pendek, jantan mempunyai ekor panjang
b)      Pertumbuhan Kambing
Anak kambing baru lahir, tubuhnya kecil, baru belajar berdiri dan berjalan, beberapa minggu berjalan pelan, tubuhnya mulai membesar, anak kambing mulai berlari, tubuhnya semakin kuat dan besar, beberapa bulan berikutnya, anak kambing membesar seperti induknya, semua hewan mengalami pertumbuhan
2)      Pertumbuhan pada Tumbuhan  
Anto menanam kacang tanah menggunakan tempat tanah basah, kacang tanah tumbuh dengan akar diikuti dengan tunas. Pertumbuhan kacang tanah pada hari berikutnya batang dan daun    beberapa hari tumbuh tinggi besar.
b.      Masalah
       Siswa mengalami kesulitan dalam hal memahami pertumbuhan hewan dan tumbuhan jika tidak di fasilitasi sesuatu yang bersifat konkrit karena siswa masih menggunakan pemikiran yang bersifat abstrak.
c.       Solusi
       Guru harus menayangkan sebuah video atau memperlihatkan gambar berantai bagaimana proses pertumbuhan pada hewan. Dan untuk tumbuhan, guru dapat mengajak siswa untuk menanam biji tanaman kemudian siswa mencatat bagaimana pertumbuhannya dari waktu ke waktu, sehingga siswa dapat mengkonstruk pengetahuannya sendiri mengenai pertumbuhan pada tumbuhan.

Kompetensi Dasar:
1.3     Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk  hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
a.      Materi: Tempat Hidup Makhluk Hidup
1)        Tempat Hidup Hewan
a)        Hewan yang hidup di darat
Hewan yang hidup di darat disebut juga hewan darat, misalnya singa, gajah, kelinci, ayam, kambing, itik, sapi.
b)        Hewan yang hidup di air
Hewan yang hidup di air disebut juga hewan air, misalnya ikan, kerang, cumi-cumi.
c)        Tempat Hidup Tumbuhan
·         Tumbuhan yang Hidup di Darat
Tumbuhan yang hidup di darat disebut juga tumbuhan darat, misalnya pohon mawar, pohon papaya, pohon pisang.
·         Tumbuhan yang hidup di arir
Tumbuhan yang hidup di air disebut juga tumbuhan air, misalnya eceng gondok, teratai, rumput laut.
·         Tumbuhan yang Hidup pada tumbuhan Lain
Misalnya seperti benalu, tali putri.
           
Kompetensi Dasar:
1.4  Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
a.    Materi: Keterkaitan Hewan dan Tumbuhan dengan Kehidupan Manusia
1)        Hewan yang Menguntungkan manusia Misalnya sapi, kambing, ayam.
2)        Hewan yang merugikan manusia Misalnya ulat, tikus, belalang
3)        Hewan yang membahayakan manusia Misalnya nyamuk, ular.
4)        Tumbuhan yang menguntungkan manusia Misalnya padi, tanaman obat, tanaman mangga, jagung.

B.       Bentuk dan Wujud serta Kegunaan Benda
Standar Kompetensi :
2.      Mengenal berbagai  bentuk  benda  dan  kegunaannya  serta perubahan wujud yang dapat dialaminya.
Kompetensi Dasar :
2.1  Mengidentifikasi  ciri–ciri  benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
a.       Materi : Ciri Benda Padat dan Cair
1)      Zatpadat
a)      Bentuknya tetap dan tidak akan berubah
b)      Mempunyai volume yang sama atau tetap
c)      Letak molekulnya sangat berdekatan dan teratur
d)      Gerakan molekul terbatas
2)      Zat cair
a)      Bentuk selalu berubah-ubah sesuai dengan tempatnya
b)      Volume zat cair tetap
c)      Letek molekulnya berdektan
d)      Gerak molekulnya agak bebas
3)      Zat gas
a)      Bentuk dan volumenya berubah sesuai dengan tempatnya
b)      Letak antara molekulnya sangat berjauhan
c)      Selalu memenuhi ruangan Karen gerak molekulnya sangat bebas

Kompetensi Dasar
2.2  Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda     (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu
a.      Materi : perubahan bentuk dan wujud benda Perubahan bentukbenda:
1)        Kayu menjdi meja, kursi, lemari
2)        Kaca menjadi gelas, piring, toples
3)        Kain menjadi baju, sapu tangan, celana
Dalam kehidupan sehri-hari kita dapat menyaksikan sendiri bahwa es yang padat dapat menjadi air, air dapatmenjadiuap air, danuap air di udara dapat pula mengembun menjdi air kembali.
1)      Peristiwa perubahan mujud dari padat ke cair disebut mencair Contohnya: es yang mencair, lilin yang mencair
2)      Peristiwa perubhan wujud cair ke gas disebut menguap Contohnya: minyak wangi yang menguap
3)      Peristiwaperubahan wujud dari gas ke cair disebut mengembun Contohnya: uap air di udaradapatberubahkembalimenjadi air
4)      Peristiwa perubahan wujud dari cair kepadat disebut membeku Contohnya: tima mencair karena dipanaskan dapat menjdi pdt kembali
5)      Peristiwa perubahan wujud dari padat ke gas disebut menyublin Contohnya: terjdinya salju

Kompetensi Dasar:
2.3  Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
a.      Materi : Membuat daftar benda-benda yang ada disekitar dan menceritakan kegunaan bend-benda disekitar.
Benda-benda disekitar sekolah:
1)        Papan tulis digunakan untuk menulis menggunkan kapur atau spidol
2)        Kursi digunkan untuk duduk
3)        Lemri digunakan untuk meletakan buku-buku
4)        Jam digunkan untuk melihat waktu
b.      Kesulitan yang dialami dalam menyampaikan materi:
Masalah yang dihadapi guru dalam menyampaikan materi dalam Standar Kompetensi ini adalah bagaimana menimbulkan aktifitas dan keaktifn siswa dalam proses pembelasaran yang sedang berlangsung.
c.       Solusi:
Guru sebaiknya merubah kegiatan belajar yang monoton.

C.       Sumber Energi dan Kegunaannya
Standar Kompetensi :
3.         Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
Kompetensi Dasar :
3.1  Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik,  cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
a.      Materi : Sumber Energi
1)      Sumber Energi Panas
Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja. Sumber energi adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi. Api juga termasuk sumber energi panas. Kayu yang dibakar akan menghasilkan panas, kertas yang dibakar juga menghasilkan panas.
2)      Sumber Energi Listrik
Sumber energi listrik menghasilkan arus listrik. Ada listrik yang bertegangan tinggi. Ada pula yang bertegangan rendah.
Ada beberapa macam sumber energi listrik, misalnya pembangkit listrik, baterai, aki, dan dinamo. Pembangkit listrik menghasilkan listrik yang bertegangan tinggi. Pembangkit listrik mengalirkan listrik ke rumah-rumah. Hampir setiap rumah terpasang jaringan listrik.
3)      Sumber Energi Cahaya
Sumber energi cahaya menghasilkan cahaya. Kita dapat melihat benda karena adanya cahaya.
Matahari adalah sumber energi cahaya yang utama. Energi cahaya dari mataharimenerangi bumi. Kita dapat melihat benda-benda dan pemandangan.
Api juga termasuk sumber energi cahaya. Yala api menerangi daerah sekitarnya. Pernahkah kalian menyalakan lilin? Daerah di sekitar lilin tentu menjadi terang.
4)      Sumber Energi Bunyi
Sumber energi bunyi menghasilkan bunyi. Setiap saat kita mendengar bunyi. Bunyi dapat berasal dari banyak hal.
Kita emmiliki pita suara. Saat kita berbicara, pita suara bergetar. Getaran akan menghasilkan bunyi. Bunyi disebut juga suara. Begitu pula saat kita bernyanyi. Kita bisa mengenali bunyi jika mampu mendengar. Telingan adalah indera pendengaran kita. Tanpa telinga, kita tidka mampu mendengar bunyi.
b.      Kesulitan:
Kesulitan guru dalam Standar Kompetensi ini adalah ketika harus menunjukkan sumber energi panas.
c.       Solusi:
Kurang memungkinkan apabila guru mempraktikan langsung dengan menyalakan api di dalam kelas, maka dari itu guru bisa menggantinya dengan menayangkan sebuah video untuk menjelaskan mengenai materi tersebut agar siswa lebih paham.

Kompetensi Dasar:
3.2  Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
a.    Materi : Pemanfaatan Sumber Energi dan Cara Menghemat Energi
Sumber energi memberi banyak manfaat bagi kita. Kita membutuhkannya setiap hari. Penggunaan energi harus kita hemat. Karena jumlah sumber energi amat terbatas.
1)      Energi Listrik
Lampu menggunakan energi listrik. Lampu yang menyala akan menerangi ruangan. Kitapun dapat melihat benda-benda dengan jelas. Televisi menggunakan energi listrik. Televisi dapat menyala karenanya.
Di rumah sebaiknya cukup menggunakan satu televisi. Televisi dapat ditonton bersama-sama. Selesai ditonton, televisi dimatikan. Ketika tidak dibutuhkan, barang elektronik jangan dihidupkan. Nyala radio dimatikan jika tidak didengarkan. Begitu pula dengan kipas angin.
2)      Energi Udara
Kita menggunakan energi panas setiap hari. Energi panas terbesar berasal dari matahari. Panas matahari mampu menghangatkan bumi. Energi panas dari matahari tidak akan habis.
Berbeda dengan energi panas dari sumber lainnya. Misalnya, energi panas dari minyak tanah. Minyak tanah tersedia dalam jumlah terbatas. Jadi, penggunaannya harus bisa hemat.
3)      Energi gerak
Motor bergerak dengan bahan bakar bensin. Mesin motor mengubah bensin menjadi energi gerak. Energi gerak berupa berputarnya ban motor.
Bensin termasuk bahan bakar minyak. Jumlahnya sangat terbatas. Jadi, penggunaannya harus kita hemat. Kita menggunakan sepeda untuk bepergian jarak dekat. Dan juga bisa berjalan kaki. Dengan begitu, kita telah menghemat bahan bakar.
b.      Kesulitan yang dialami dalam menyampaikan materi:
Kesulitan yang dihadapi guru dalam menyampaikan materi dalam Standar Kompetensi ini adalah siswa sulit untuk diajak berpikir abstrak dan memahami apa yang disampaikan oleh guru jika hanya dilakukan secara verbal tanpa adanya sesuatu (benda konkret) yang bisa membantu mereka untuk menangkap materi pembelajaran.
c.       Solusi:
Guru sebaiknya menayangkan sebuah video atau akan lebih baik lagi jika guru membawa media (benda konkritnya) langsung ke dalam kelas. Selain karena dapat membantu siswa memahami materi yang dipelajari, media pembelajaran yang digunakan guru juga bisa menarik perhatian dan antusiasme siswa, serta membuat siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

D.      Peristiwa Alam dalam Kehidupan
Standar Kompetensi
4.         Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari
a.      Materi
1)        Kenampakan Matahari
Kadudukan matahari
a)        Pagi hari
Matahari terbit di sebelah timur keadaan gelap berubah menjadi terang matahari pada mulanya tampak sebagian lama kelamaan matahari tampak seluruhnya matahari berbentuk lingkaran penuh. apa warna matahari saat terbit bagaimana keadaan lingkungan saat itu?
b)        Tengah hari
Semakin siang matahari makin tinggi udara semakin panas akhirnya matahari tepat berada di atas kepala sinar matahari jatuh di bumi tegak lurus saat itulah biasa disebut tengah hari
c)        sore hari
Semakin lama matahari semakin condong ke barat akhirnya matahari terbenam di sebelah barat keadaan terang berubah menjadi gelap pada malam hari matahari tidak tampak sama sekali begitulah gerakan matahari setiap hari matahari terbit dan tenggelam secara teratur itulah bukti kebesaran tuhan yang maha esa oleh karena itu kita wajib beriman kepadanya jam berapakah matahari terbit dan tenggelam

b.      Kesulitan
Kemungkinan kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami materi kenampakan matahai ini, siswa kesulitan mendeskripsikan bagaima keadaan matahari dalam berbagai kedudukan yaitu pagi hari, tengah hari, dan sore hari.
c.       Solusi:
Untuk solusi yang dapat diterapkan guru dapat menggunakan media gambar untuk menjelaskan kedudukan dari matahari tersebut

Kompetensi Dasar:        
4.2.1.1  Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya
a.      Materi : Matahari dalam kehidupan sehari-hari
1)      Kegunaan panas dan cahaya matahari
Matahari memancarkan panas dan cahaya matahari sebagai sumber panas utama di bumi manusia hewan dan tumbuhan memerlukan matahari panas matahari mempunyai banyak kegunaan. cahaya matahari diperlukan tumbuhan untuk hidup tumbuhan sumber makanan bagi hewan dan manusia hewan dan manusia tidak dapat hidup tanpa tumbuhan
b.      Kesuitan:
Dalam mempelajari materi ini kemungkinan siswa mengalami kesulitan dalam menjelaskan kegunaan energi panas dan matahari.
c.       Solusi:
Dalam pembelajarannya guru dapat melakukan kegiatan percobaan sederhana untuk membuktikan kegunaan energi panas dan matahari. Contoh : melakukan percobaan bahwa kain basah dapat dikeringkan dengan panas matahari.



BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
       Materi matari yang diajarkan dikelas dua ialah sebagai berikut:
1.    Makhluk hidup dan proses kehidupan.
2.    Bentuk dan wujud serta kegunaan benda.
3.    Sumber energi dan kegunaannya.
4.    Peristiwa alam dalam kehidupan.

B.     Saran
       Saran yang dapat kami sampaikan adalah dalam mengajar IPA untuk kelas rendah harus menggunakan media yang nyata supaya pengetahuan yang didapat siswa akan menjadi lebih bermakna.




 DAFTAR PUSTAKA

Suhartianti, Dwi. (2010). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.













1 komentar:

  1. Play Live Dealer Casino - Best Online Casinos in India
    How to Play Live Dealer Casino · Step 1 – Deposit ₹1,000 · Step choegocasino 2 – Deposit ₹15,000 · Step 3 바카라사이트 – Deposit ₹25,000 kadangpintar · Step 4 – Deposit ₹250,000.

    BalasHapus